Monday, July 29, 2013

PELATIHAN KERONCONG ANAK MUDA




Senin sore saya beranjak berangkat menuju ke XT-square jogja untuk datang dan mengikuti proses workshop dan latihan bersama keroncong yang di peruntukan untuk anak muda.Kegiatan itu dilakukan setiap senin dan kamis di XT-square. Saya kebetulan baru pertama datang ke sana ber sama mas Ari Blothong yang juga sebagai mentor di kegiatan terbut. 



Betapa saya sangat terkejut dan heran, di dalam pikiran saya minat anak muda untuk mempelajari musik keroncong masih kurang. Tapi apa yang saya lihat di sana anak muda sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka sangat memperhatikan apa yang di sampaikan oleh para mentor. Anak muda yang datang juga dari berbagai macam kalangan Bahkan rata-rata mereka tidak mempunyai disiplin ilmu akademis musik. Itu yang menbuat saya sangat heran dan kagum melihat upaya pelestarian keroncong tersebut.



Materi yang diberikan juga bertahap dan mudah di ikuti oleh para peserta. Mereka di beri teknik dasar permainan alat musik keroncong, dari mulai irama engkel, dobel , kotek dll. Para mentor juga sangat sabar dalam memberikan pelatihan. Suasana latihan di buat sangat santai dan akrab antara mentor dan peserta, sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan. Dengan cara itu para mentor berharap para peserta tidak tegang dan dapat menyerap materi yang di berikan dengan baik. 


Menurut Ari blothong selaku mentor dalam latihan bersama tersebut merasa sangat bangga. Karena dari sekian banyak anak muda mereka merupakan bagian kecil yang masih mau dan mempunyai perhatian saerta minat terhadap musik keroncong sebagai budaya bangsa. Biarpun mereka belum cukup piawai dalam memainkan alat musik keroncong tapi semangat mereka sudah cukup menjadi modal dalam pelestarian musik keroncong.



Harapan dari para mentor semoga anak muda yang lain juga tertarik dalam pelestarian musik keroncong. Karena ini merupakan sebuah wujud upaya nyata yang di lakukan oleh para pelaku keroncong untuk menularkan ilmu dengan harapan regenerasi musik keroncong bisa terus berjalan.


Harapan saya semoga kegiatan in akan terus berjalan dan semakin banyak anak muda yang terlibat. Sekali lagi saya sangat merasa kagum dang bangga terhadap anak muda yang masih mau dan peduli terhadap keberlangsungan musik keroncong. 


“nek udu awak dewe sek nguri-uri keroncong arep sopo meneh”

3 comments: