Wednesday, July 24, 2013

RUMAH KERONCONG

halo temen2...

Kali ini saya masih bercerita tentang keroncong, dan yang akan saya ulas kali ini keberadaan sebuah komunitas pecinta keroncong di jogja yang membuat wadah bagi pelaku maupun para pandemen keroncong di Jogja. Komunitas ini diberi nama "Rumah Keroncong".

Rumah Keroncong, kalau kita lihat dari namanya tentu komunitas ini ingin menjadi tempat bernaung para pelaku dan pecinta musik keroncong dan juga bisa menjadi wadah untuk menyalurkan ide maupun bahasan tentang musik keroncong.Rumah Keroncong sendiri belum lama berdiri baru hampir satu tahun. Tapi kegiatan dan aksi yang buat sudah banyak dan cukup bisa menggairahkan dan meramaikan musik keroncong di Jogjakarta.

Kegitan yang mereka jalankan antara lain , pementasan grup keroncong setiap rabo malam di XT-square (ex. Terminal Umbulharjo) di gedung Basiyo yang di isi oleh grup2 keroncong dari dalam dan luar DIY secara bergilir. Pada setiap rabo malam itu pula menjadi sarana bertemu bagi para musisi dan pecinta keroncong di Jogjakarta. Di sana setiap orang bisa bernuyanyi dan riquest lagu dengan diiringi grup yang tampil pada malam itu. Pementasan setiap rabo malam itu jg terlihat santai, penonton bisa mendengarkan musik keroncong sembari menikmati makanan dan minuman yang bisa di beli di area sekitar panggung.


Sambil menikmati alunan musik keroncong saya sempat mengobrol dengan salah satu pengurus komunitas Rumah Keroncong Mas Heri Kencrung. Beliau sedikit memberi penjelasan tentang Rumah Keroncong dan visi kedepan komunitas tersebut. yang cukup menarik perhatian saya yaitu adanya tekad untuk melakukan regenerasi musik keroncong di kalangan anak muda dengan cara melakukan pelatihan maupun workshop. Beliau juga menpunyai cita-cita yang menurut saya cukup mulia tapi masih terkesan sulit terealisasikan yaitu masuknya keroncong ke dalam kurikulum sekolah di DIY.

Untuk pelatihan musik keroncong sendiri sudah mulai berjalan, dengan harapan yang lebih banyak terlibat yaitu anak-anak muda yang masih mau mempelajari musik keroncong. Rencanca kedepan Rumah Keroncong akan bekerja sama dengan temen-temen dari komunitas Kerontjong Moeda agar visi untuk membangun regenerasi keroncong dapat tercapai.


oke temen-temen itu tadi sedikit mengenai Rumah Keroncong Jogja, bagi temen-temen yang ingin bergabung maupun berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan bisa langsung datang ke XT-square setiap rabo malam.
matur nuwun atas kunjungannya.

"Salam Budaya"




No comments:

Post a Comment