Thursday, July 18, 2013

"SIMPHONY KERONTJONG MOEDA"



         "DARI SEBUAH KEPRIHATINAN"

Keroncong merupakan genre musik yang sangat melekat di kalangan masyarakat Indonesia, dan keroncong menjadi salah satu musik tradisi yang berkembang di Indonesia. Pada perkembangannya, musik keroncong sampai saat ini terus dilestarikan, namun sebagian besar penikmatnya adalah para orang tua serta kurang diminati oleh kalangan muda jaman sekarang.
            Hal di atas sangat memprihatinkan. Kurangnya perhatian dan antusias para remaja terhadap musik keroncong, menyebabkan tidak adanya regenerasi terhadap musik ini.Maka dari itu ada kumpulan anak muda yang  merasa prihatin dengan perkembangan musik keroncong saat ini. Oleh karena itu, mereka berupaya melestarikan musik keroncong dengan kemasan baru yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.




 "KERONCONG MUDA YOGYAKATA"

  
Dari rasa keprihatinan tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah kominitas keroncong anak muda, yang di motori oleh beberapa anak muda lulusan sekolah menengah musik Yogyakarta (SMM) dan di bantu oleh pelaku keroncong dan musisi di Yogyakarta. Maka tercetuslah sebuah komunitas anak muda pecinta keroncong yang diberi nama  "keroncong muda Yogyakarta". Dengan berbagai cara mereka berusaha menarik minat kalangan anak muda dan remaja untuk lebih mengenal dan turut melestarikan musik keroncong. Kegiatan yang dihasilkan setelah munculnya komunitas ini antara lain adanya latihan rutin, diskusi, ngansu kaweruh kepada para pelaku keroncong senior dan membuat pagelaran musik keroncong yang total dimaikan oleh anak muda. Kegiatan yang dilakukan cukup mendapatkan respon positif dari  masyarakat luas di Jogjakarta. Komunitas ini juga membuka pintu lebar lebar bagi siapa saja yang ingin bersama-sama belajar musik keroncongma belajar musik keroncong.


                                            Foto by: GWK Partho         
 
"SIMPHONY KERONTJONG MOEDA"

 Salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan Keroncong Muda berinisiatif membuat“ Symphony Kerontjong Moeda “ merupakan sebuah pagelaran musik keroncong dengan seluruh pemainnya anak muda. Yang telah menjadi sebuah agenda tahunan sejak tahun 2009. Simphony kerontjong Moeda ini menyuguhkan pertunjukan musik keroncong dengan berbagai variasi. Format yang  disuguhkan mulai dari keroncong asli, keroncong modern hingga keroncong dengan format orkestra. Dalam Pagelaran tahunan ini banyak melibatkan musisi muda lintas genre. Beberapa vocalis band ternama jogja dilibatkan, entah mereka dari genre musik, pop, rock, jazz,ska dll. Di dalam pagelaran tersebut memadukan beberapa unsur musik yang di bawakan dengan irama keroncong anak muda dan di aransemen secara menarik. Dengan cara2 tersebut di harapkan kalangan muda lebih bisa mengenal dan turut serta melestarikan musik taradisi Indonesia.

"Salam keroncong"



No comments:

Post a Comment