Thursday, August 1, 2013

SULITNYA MENEMUKAN ACARA KEBUDAYAAN DI TV




Fenomena Televisi saat ini memang menjadi fenomena paling besar di masyarakat Indonesia. Apa saja yang sudah di tayangkan di televisi secara instan akan mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat. Orang yang tadinya tidak populer akan cepat populer jika sudah berada di televisi. Bahkan yang terjadi sekarang banyak orang ataupun grup musik yang rela bermodal cukup besar untuk bisa menjadi selebrity yang tentu tujuannya untuk bisa tayang di acara televisi. Karena dalam masyarakat kita jika seseorang sudah masuk di acara TV dia bisa secara otomatis di katakan artis.


Anak-anak kecil sekarang sangat lekat dengan yang namanya TV, apa yang ada di Tv mereka akan ikuti. Mereka juga sangat gemar menirukan gimik-gimik iklan yang ada di TV. Hal ini memang karena TV menjadi hiburan yang cukup murah, sekarang TV sudah bukan barang mewah bagi masyarakat kita. Beda sewaktu saya masih kecil dulu, yang sempat mengalami nonton TV nonggo atau numpang di rumah tetangga yang punya TV.


Akan tetapi ada hal yang membuat saya berfikir kenapa acara TV sangat minim menyuguhkan acara-acara kebudayaan atau seni tradisi yang ada di negri ini. Di masa perkembangan stasiun TV yang berkembang sangat pesat ini acara budaya masih sangat minim ditemukan. Terlebih acara TV nasional yang sangat mengejar reting demi kepentingan industri. Acara yang adapun gini lebih kepada acara yang bersifat humor atau lawakan yang sepontan dan cenderung jenis lawakannya monoton. Jika tidak yang muncul hanya acara gosip artis, dari gosip yang berbobot sampai gosip yang tidak bermutu sama sekali. Dan masyarakat kita di tuntun untuk mengikuti gosip yang ada.



Alangkah indahnya apabila stasiun TV Nasional lebih peduli dengan kebudayaan. Menayangkan seni tradisi negri ini yang memang mulai surut keberadaannya. Jika itu di lakukan maka anak-anak di negri ini bakal lebih tau tentang budayanya , karena TV sekarang menjadi alat pengenalan yang  sangat dekat dengan anak-anak. Tentu hal tersebut akan sangat baik jika benar-benar ada. 


Bisa dibayangkan jika ada staiun TV yang mau mengangkat seni tradisi. Penayangannya di buat kontinyu dan bergilir dari seni yang satu ke acara seni yang lain. Negri kita sangat kaya dengan kesenian, Jika memang ada yang berani demikian tidak cukup waktu yang pendek untuk melakukan penayangannya karena sangat banyak seni tradisi di negara kita ini . Tentu juga masyarakat kita akan mendapat informasi dan wawasan yang lebih berbobot ketimbang hanya mengikuti gosip para artis negri ini.

No comments:

Post a Comment