Sunday, September 8, 2013

Suporter Dan Musik



Musik dan Suporter itulah yang coba saya bicarakan pada coretan saya kali ini. Dunia musik dan dunia suporter sendiri merupakan dua eleman yang berbeda. Dimana dunia musik yang akrab dengan hal-hal yang berbau hiburan dan bertunjukan sedangkan dunia suporter merupakan sebuah hal yang berhubungan dengan olah raga dan dukungan kepada sebuah team sepak bola.



Tapi jangan salah di dunia suporter modern seperti sekarang musik dan para suporter menpunyai sebuah hubungan yang boleh dikatakan cukup dekat. Dimana sekarang suporter sering dan bahkan hampir setiap saat memberikan dukungan untuk team kesayangannya mengunakan iringan alat musik. Tentu ada tujuan mengapa meraka menggunakan alat musik sebagai sarana penunjang untuk memberikan dukungan. 

Dengan menggunakan alat musik para suporter menjadi semakain bersemangat memberi dukungan. Dan dengan media alat musik pula mereka bisa berkreasi melalui yel-yel yang mereka buat untuk mendukung team.Dengan media alat musik ini juga mereka bisa bernyanyi di dalam stadion dengan kompak dan bersama-sama. Lagu dukungan yang mereka gunakan pun bermacam-macam. Ada lagu yang khusus mereka buat sendiri tapi banyak juga lagu gubahan atau mengadopsi lagu yang sudah tenar lalu di ganti lirik yang memberi semangat bagi para pemain di lapangan. Tentu hal tersebut membuat suasana sebuah pertandingan menjadi lebih meriah dan juga menjadi hiburan di dalam stadion.

Dalam sebuah kelompok suporter pun hal tersebut sangat menjadi penting, sehingga setiap kelompok suporter membentuk team khusus untuk mengakomodir dan mengurus keberlangsungan musik di dalam dunia suporter. Team ini bertugas mengordinir kreasi yang berhubungan dengan musik. Dari mulai pembuatan lagu sampai dengan menentukan siapa yang bisa memainkan alat musik saat pertandingan. Contoh dari suporter yang membuat team khusus ini Kelompok suporter Brajamusti Pendukung PSIM Yogyakarta. Di dalam Brajamusti ada yang di namakan CMB “Corps Musik Brajamusti” anggota dari CMB sendiri terdiri dari beberapa apa anak muda yang tentu mempunyai skil dan keahlian khusus dalam memainkan alat musik. Tugas mereka selain itu jg membuat sebuah kreasi agar dukungan yang diberikan para suporter lebih atraktif dan kreatif.



Bagi para pemain yang bertanding di lapangan sendiri munculnya sebuah dukungan dari para suporter hal yang sangat berarti dan dapat menjadi penyemangat mereka saat bertanding. Terlebih jika dukungan yang diberikan tidak hanya sekedar sorakan satu atau dua orang  tapi dilakukan oleh ribuan orang yang berdiri dan bernyanyi dengan kompak selama pertandingan berlangsung. Sehingga sampai muncul sebuah pertanyaan kalu suporter merupakan pemain ke duabelas dalam sebuah team sepak bola.

Kegunaan musik di dunia suporter tidak hanya saat memberi dukungan di dalam stadion. Kelompok suprter sekarang banyak yang membuat sebuah album kompilasi dari band-band yang membuat lagu untuk memberi dukungan kepada team. Dalam album kompilasi ini pun terdiri dari berbagai macam aliran musik. Semua bisa diterima asal lagu tersebut berisi dukungan yang positif untuk team yang mereka dukung.



Hal-hal di atas merupakan sedikit informasi tentang kegunaan musik dalam sebuah kelompok suporter. Tentu hal tersebut sangat positif, karena  image suporter yang sangat lekat lekat dengan dunia kekerasan , tawuran dan rivalitas kepada suporter lain ternyata masih banyak aksi nyata dari para suporter yang memberikan dukungan positif melalui musik. Semoga hal positif itu tetap dilakukan dan mendapat dukungan dukungan dari pihak-pihak terkait.

Semoga melalui musik suporter menjadi lebih baik untuk kedepan dan dapat memberikan dukungan positif kepada team kebanggaan mereka. dengan harapan ketika suporter mendukung hal-hal kreatif dapat mendorong prestasi team kebanggaan para suporter menjadi lebih baik pula.

No comments:

Post a Comment