Thursday, June 18, 2015

orkesTrAWA




Apa yang terlintas ketika anda mendengar kata Orkestra? Tentu sebuah kelompok musik yang terdiri dari beberapa gabungan alat musik yang menbentuk sebuah ansamble besar. Kalau tidak pasti Orkestra identik dengan musik klasik atau musik serius. Mungkin juga yang terbesit dipikiran kalian nama-nama seperi Adi MS, Erwin Gutawa, Oni N Friends atau Dwiki Dharmawan. Yak memang bagi sebagian orang musik Orkestra terdengar seperti  itu. 




Tapi di Sini di Jogjakarta ,kota yang terkenal dengan gudangnya musisi Orkestra muncul satu Orkestra unik yang berani merubah wingitnya musik Orkestra seperti yang dikenal orang2 sebagai musik serius. Sebuah perpaduan yang mungkin baru ada di Indonesia antara Orkestra dan komedi. Dan perpauduan itu terwujud dalam satu wadah atau komunitas yang bernama “ORKESTRAWA”.


Dari namanya tentu sudah identik dengan komedi, demikian juga dengan penampilan grup musik ini. Di mana setiap penampilanya selalu bisa mengundang gelak tawa para penonton. Orkestrawa sendiri digagas oleh komedian Jogja Mas Anang Batas. Ide itu muncul ketika mas Anang untuk pertama kali di minta menjadi MC dan sekaligus bernyanyi pada pertunjukan Yogjakarta Shimphony Orchestra. Mas Anang dulunya merasa takut bernyanyi diiringi orkestra dan setelah mencoba justru merasa heran bahwa ternyata orkestra tidak menakutkan dan bisa dibawa kearah yang lebih luas. 


Dari situlah mas Anang menyampaikan ide ke temen2 YSO yang digawangi oleh Mas Ari Blothong untuk membuat sebuah Orkestra bernuansa komedi. Ide itu disambut baik oleh temen2 YSO dan jadilah Kolaborasi menarik antara komedian dan musisi YSO. Mas anang pun mengajak beberapa komedian jogja seperti Alit Jabang Bayi, Awanggizm , Paksi Raras, Fira Sasmita , bambang gundul, Mukti Entut Dll. Pada dasarnya Orkestrawa secara bermusik tetap mengedepankan sebuah sajian musik yang baik seperti orkestra pada umumnya. Yang membedakan disini adalah penyanyi atau vocalisnya merupakan komedian yang jarang sekali tampail sebagai penyanyi.Tapi mereka juga berusaha bernyanyi dengan baik yang tentunya baik ala komedian hehehe.Setiap pertunjukan Orkestrawa selalu diselingi candaan atau standup comedy yang menbuat suasana semakin meriah.




 Orkestrawa pun kini sudah menjadi hiburan yang dikenal di kota Jogja, Setiap penampilannya selalu dipenuhi penonton. Langkah Orkestrawa tidak berhenti hanya sampai situ saja, belum lama ini tepatnya pada tgl 31 mei 2015 Orkestrawa berkesempatan tampil di luar kota yaitu di kota Jakarta pada acara Tribute To Kretek yang di gelar di Taman Ismail Marjuki. Di Jakarta Orkestrawa menggandeng beberapa comedian / Comic Nasional seperti Uus, Awe , Bintang Bete dan Hifdzi Choir. Sangat diluar dugaan tanggapan orang Ibu kota pada Orkestrawa luar biasa. Mereka merasa sangat terhibur dan menikmati repertoar demi repertoar yang dibawakan. Semoga saja ini benar2 menjadi langkah untuk Orkestrawa bisa tampil di kota kota lainnya, Amin.



Yak itulah sedikit cerita tentang Orkestrawa , semoga Orkestrawa bisa menggeser pandangan orang tentang musik Orkestra, dari yang tadinya menganggap orkestra hanya untuk kalangan atas kini orkestra bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan kemasan yang lebih menghibur. Dan yang pasti semoga Orkestrawa akan lebih dikenal secara luas di tingkat Nasional.

SALAM ORKESTRAWA

No comments:

Post a Comment