Monday, June 30, 2014

SIMPHONY KERONTJONG MOEDA #5







               Seperti yang pernah saya bahas di tulisan saya sebelum-sebelumnya “Simphony kerontjong Moeda” merupakan sebuah gerakan anak muda dalam melestarikan musik kerontjong di Yogyakata. SKM#5 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu masih mengangkat tema musik yang sama yaitu Keroncong dengan format orkestra besar. Cuma yang menbedakan ditahun kelima ini kita adakan di luar ruangan atau outdor



                Skm#5 Kita Adakan di Plasa ngasem, Sebuah tempat yang menarik dan banyak mengandung nilai sejarah. Secara letak Plasa ngasem sangat menarik karena berlatar belakan bangunan bekas pemandian raja-raja keraton Mataram. Maka sudah bisa dibayangkan tempat yang penuh dengan nilai sejarah menjadi tempat pagelaran keroncong orkestra tentu sangat menarik. Hal demikian juga banyak di paparkan oleh para penonton yang menyaksikan pagelaran SKM#5 pada tgl 28 mei 2014.



                Tema yang diangkat pada pertunjukan SKM#5 kemarin adalah “Pertoenjoekan oentoek Rakjat”, dengan tema tersebut kami berharap musik keroncong kembali memasyarakat khususnya untuk anak muda. Selain itu kami juga mempunyai niat supaya musik orkestra yang di Indonesia masih dinialai sebagai musik kalangan atas bisa diterima di nikmati oleh siapa saja. 


                Suguhan musik ( Repertoar ) yang di mainkan pada malam itu jg sangat bervariatif, dari lagu keroncong asli sampai musik pop/rock modern diaransemen dengan irama keroncong. Musisi yang terlibatpun semakin banyak dari berbagai kalangan anak muda. Entah latar belakang mereka bergenre musik apa tapi pada malam itu semua peduli dan mengapresiasi musik keroncong. Sungguh menjadi suguhan dan pencapaian luar biasa setelah selama 5 tahun kami membuat pagelaran “Simphony Kerontjong Moeda”.



                Semoga keberadaan “Simphony Keroncong Moeda” akan terus ada dan semakin dinikmati oleh semua kalangan. Kami juga Berharap SKM tidak hanya menjadi sebuah pertujukan panggung tapi juga menjadi sebuah pergerakan keroncong di kalangan anak muda khususnya di kota Jogjakarta.
Sampai jumpa pada pertujukan “simphony Kerontjong Moeda #6 “
               


No comments:

Post a Comment