Friday, December 27, 2013

YOUNG KERONCONG PARADE





Halo teman-teman sudah lama ini gak berbagi pengalaman dan cerita. Kali ini saya akan berbagi cerita dan Informasi lagi, dan kali ini saya masih berbagi seputar dunia musik keroncong. Musik yang memang membuat saya jatuh cinta. 


Cerita saya tentang musik keroncong kali ini yaitu cerita tentang kegiatan komunitas kerontjong moeda Yogyakarta yang pada akhir tahun 2013 ini membuat sebuah kegiatan yang bertema “YOUNG KERONTJONG PARADE”. Tepatnya pada tgl 11 desember 2013 kemarin temen-teman Keroncong Moeda yang bekerja sama dengan Rumah keroncong Yogyakarta mengadakan parade musik keroncong yang di peruntukan untuk anak muda. 


Kegiatan yang di lakukan di gedung Basio XT-Square itu oleh 10 grupo keroncong anak muda yang berada di daerah DIY dan sekitarnya. Sungguh sebuah hal yang cukup membuat bangga, ternyata masih banyak grup keroncong yang beranggotakan anak muda di Yogyakarta. Hal itu tentu menjadi sebuah hal positif bagi perkembangan musik keroncong. Musik yang identik dengan orang tua itu ternyata masih banyak di minati oleh kalangan anak muda.



Suasana yang tercipta pada kegiatan tersebut tentu sangat ramai. Penonton yang datangpun dari berbagai kalangan dari kalangang orang tuan dan kalangan anak muda. Grup-grup yang tampil juga berusaha menampilkan penampilan terbaiknya. Mereka mengeluarkan berbagai kemampuan mereka dalam bermain keroncong agar para penonton dapat terhibur. Pada kegiatan tersebut satu grup membawakan tiga buah lagu, baik lagu dengan vocal maupun lagu intrumental yang mereka kemas dengan gaya keroncong anak muda. 


Melihat kegiatan “YOUNG KERONTJONG PARADE” sungguh membanggakan karena dengan kegiatan itu menunjukan kalau geliat musik keroncong sudah bisa di terima berbagai kalangan. Dan yang paling penting kemajuan musik keroncong menunjukan sebuah peningkatan. Dari musik yang hanya identik dengan orang tua kini telah di minati juga oleh kalangan muda. 


Semoga untuk kedepan kegiatan semacam ini terus ada dan bahkan bisa meningkat. Terima kasih untuk komunitas kerontjong Moeda Jogja dan Rumah Keroncong Yogyakarta yang sudah mempunyai kepedualian terhadap musik keroncong.saya secara pridadi berharap supaya kegiatan positif anak muda semacam ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintahnkhususnya pemerintah daerah.  Semoga kegiatan ini tidak sekedar mempertahankan apa yang ada tapi juga bisa mengembangkannya.

No comments:

Post a Comment